Senin, 24 Maret 2014

Happiness from my destination #HappinessProject

Assalamualaikum ukhti ukhti yang cantik, perkenalan dulu deh ya, nama saya Hana Azizah Rahman. Saya umurnya masih 16 tahun, saya kelahiran tahun 1997, kalo saya masih dikasih umur sama Allah yaaaaa inshaAllah tahun ini genap menginjak usia 17 tahun hhe, saya duduk di bangku SMA kelas 2. Saya bersokalah di salah satu SMA Negeri di kabupaten Sukabumi. Langsung aja ya kita urai tema Happiness menurut versi saya…..



Mengurai soal kebahagiaan memerlukan sebuah pisau yang sedikit agak rumit. Rumit karena setiap manusia dengan pengalamannya dan peristiwa keseharian mereka, dalam ruang dan waktu yang berbeda tentunya akan memengaruhi standar kebahagiaan masing-masing orang. Kebahagiaan pada umumnya tidak memiliki ukuran yang sama rata. Kebahagiaan memiliki ukuranya sendiri dan nilainya sendiri-sendiri. Oleh karena itu kebahagiaan tidak bisa dikejar secara berkelompok atau bersama-sama. Kebahagiaan hanya bisa dikejar melalui usaha sesorang dan dirasakan secara personal. Andai saja kebahagiaan itu ya bisa dikejar bareng bareng, tapi kalo digapai atau dikejarnya bareng bareng menurut saya itu bukan lagi sebuah kebahagiaan namanya melainkan kenikmatan hhe.

Sebagian orang melekatkan kebahagiaan pada hal-hal yang bersifat materil, sehingga pencapaian kebahagiaan dilakukan dengan berusaha memuaskan segenap hasratnya untuk mendapatkan  kenikmatan materil. Sebaliknya ada yang berpandangan bahwa melekatkan kebahagiaan pada sesuatu yang bersifat materil adalah sebuah kesalahan besar, karena materi tak akan pernah memberikan kebahagiaan hakiki pada manusia. Upaya pemenuhan kepuasan materil secara berlebihan hanya akan membuat manusia semakin menjauh dari kebahagiaan. karena sejatinya kebahagiaan adalah bersifat metafisik.

Kodrat manusia pada dasarnya adalah ingin tahu. Keingintahuan manusia mengandaikan bahwa manusia selalu mengarahkan dirinya pada satu pencarian atau tujuan tertentu. Tujuan inilah yang hendak dikejar dalam hidup manusia. Apa yang dikejar manusia pertama-tama haruslah mengarah pada kebaikan. Dan tidak sedikit orang melakukan itu. Bagaimana hdup yang baik itu? Menurut saya hidup yang baik adalah hidup yang bermutu, atau bermakna. Dalam konteks yang lebih sederhana bisa diartikan sebagai hidup yang terasa penuh dan menenteramkan.
Hidup itu tidak seperti air yang hanya hidup begitu saja. Hidup yang sesungguhnya adalah hidup yang kaya akan makna, hidup yang bermutu. Setelah ini pasti bertanya, terus bagaimana cara untuk memiliki hidup yang bermutu? Saya beranggapan bahwa hidup kita akan semakin bermutu  ketika kita berusaha mencapai apa yang menjadi tujuan kita. Karena dengan mencapai tujuan hidupnya, kita mencapai diri kita sepenuh-penuhnya. Dengan demikian, hidup kita  mencapai mutu sepenuh-penuhnya dan terbuka terhadap apa saja yang sedang kita alami. Lalu apa tujuan hidup manusia itu? Ya, tujuan hidup manusia adalah apapun yang  bergerak dan apapun yang dilakukan manusia demi sesuatu yang baik dan nilai tertentu. Nilai ini menjadi tujuannya. Nilai yang harus dicari adalah nilai demi dirinya sendiri, bukan nilai untuk orang lain atau yang lain. Sesuatu yang bernilai pada dirinya sendiri ini disebut “Kebahagiaan”. Kebahagiaan inilah yang menjadi tujuan akhir manusia. Puncak dari pencarian dan tujuan terakhir manusia, ketika manusia sudah menemukan tujuan akhirnya yaitu kebahagiaan, diandaikan manusia tidak akan mencari sesuatu yang lain lagi. Kebahagiaan itulah yang memiliki nilai baik pada dirinya sendiri. Kebahagiaan bernilai bukan demi suatu nilai lebih lainya melainkan demi dirinya sendiri.

Sekian urain dengan tema “Happiness” versi saya semoga bisa bermanfaat bagi siapapun yang baca blog ini J.

There are also happy news for youuuuuuuuu. There will be event the most interesting hijabers  in 2014! 27th April at Gandaria City Mall. Talkshow,auction,concert,bazaar all in one day! Jangan lupa dateng ya di jamin deh acaranya seru banget dan bakalan nyesel abis kalo gak dateng. Thankyou J


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

 
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Someone Extraordinary
Ditulis Oleh Hana Rahman
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul:
Ditulis Oleh
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih